Idylla™ Solusi Terbaik Untuk Pemeriksaan Molekuler Yang Cepat

| October 19, 2017

Idylla™ Solusi Terbaik Untuk Pemeriksaan Molekuler Yang Cepat

Pengobatan penyakit kanker terus mengalami perkembangan. Salah satunya menggunakan terapi target. Penentuan terapi target dapat dilakukan dengan mengidentifikasi gen yang mengalami mutasi yang produk proteinnya memegang peranan penting terhadap pertumbuhan kanker. Sebagai contohnya pasien melanoma dapat diterapi menggunakan vemuravenib jika terjadi mutasi pada gen BRAF V600E.

Identifikasi gen yang mengalami mutasi gen dapat dilakukan secara molekuler. Mutasi gen BRAF ditemukan sekitar 8% dari semua jenis kanker dan beberapa diantaranya dikaitkan dengan sensitivitas dan resistensi terhadap sejumlah terapi kanker. Mutasi gen BRAF ditemukan pada kanker melanoma, kanker kolorektal, kanker tiroid, kanker paru-paru, dan kanker ovarium. Pengujian BRAF direkomendasikan pada semua pasien dengan melanoma metastasis dan kolorektal metastatik. Sekitar 50% dari semua pasien melanoma metastatik ditemukan mutasi pada gen BRAF, membuat mereka memenuhi syarat untuk Terapi inhibitor BRAF atau BRAF / MEK. Dalam mCRC,  status mutasi BRAF harus dinilai bersamaan dengan status mutasi tumor RAS. Dalam penilaian prognosis kehadiran mutasi BRAF mengindikasikan prognosis yang buruk. Sedangkan prevalensi BRAF di mCRC sekitar 8-15%. Prof. B. Neyns, M.D., Ph.D Onkologi Medis, UZ Brussels, Belgia mengatakan bahwa system Idylla memiliki potensi untuk memungkinkan dimulainya Terapi target dalam waktu kurang dari 24 jam setelah diagnosis metastasis, dengan demikian dapat menghemat waktu bagi penderita (mCRC).

Idylla™ merupakan sistem otomatis diagnostik molekuler yang berbasis PCR Real time. Idylla™ dari brand Biocartis menawarkan akses pengerjaan yang cepat, mudah, dimana saja dan kapan saja. Idylla™ tidak membutuhkan proses persiapan yang sulit untuk pengerjaannya. Bahkan waktu yang diperlukan untuk persiapan sampelnya kurang dari 2 menit.  Secara keseluruhan waktu yang diperlukan untuk proses dari sampel hingga menghasilkan amplifikasi DNA hanya berkisar 35 sampai 150 menit saja. Hasil amplifikasi DNAnya disajikan dalam bentuk kualittatif dan kuantitatif sehingga memudahkan dalam proses analisis hasil.

Idylla™ dapat digunakan untuk berbagai jenis sampel klinis dan dapat menganalisis RNA dan DNA. Sistem yang terdapat dalam Idylla™ sudah terintegrasi sehingga memungkinkan laboratorium klinis untuk melakukan berbagai aplikasi dalam onkologi dan penyakit menular. Selain itu, Uji Mutasi Idylla™ BRAF telah mendapatkan sertifikat IVD.

Tags: , , , , , ,

Category: Bionews

Comments are closed.